Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Sabtu, 28 Agustus 2010

Kota Tua Akan Jadi Pusat Pameran Jakarta Barat


Seorang anak bermain sepeda sewaan di kawasan Kota Tua, Jakarta. TEMPO/Tony Hartawan

Sabtu, 28 Agustus 2010, TEMPO Interaktif - Walikota Jakarta Barat mengatakan bahwa pameran di Jakarta Barat nantinya akan dipusatkan di kawasan Kota Tua. Langkah itu dilakukan untuk mendukung upaya membuat kawasan Kota Tua makin terkenal dan bisa menjadi ikon Jakarta Barat.

"Kota Tua kami harap bisa menjadi ikon Jakarta Barat, setiap orang yang berkunjung ke Jakarta Barat akan merasa kurang jika tidak ke Kota Tua," kata Burhanuddin usai pembukaan gelar produk unggulan industri kecil menengah di Kota Tua, Sabtu (28/8).

Kota Tua dipilih menjadi ikon Jakarta Barat karena dianggap memiliki nilai sejarah kuat. Kawasan itu juga memiliki kekhasan tersendiri berupa bangunan tua dan museum.

Namun Burhanuddin mengakui bahwa hingga saat ini pihaknya masih belum menemukan formula yang tepat sehingga pamor Kota Tua bisa sejajar dengan ikon yang dimiliki oleh wilayah DKI lainnya.

Seperti Monumen Nasional di Jakarta Pusat, Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara dan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur dan Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan.

"Kami belum punya formula yang pas, karena itu perlu inovasi baru sehingga Kota Tua bisa benar-benar jadi ikon Jakarta Barat," katanya.

Karena itu salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjadikan kawasan Kota Tua sebagai pusat pameran di Jakarta Barat. "Agar masyarakat lebih mengenal," kata Burhanuddin. Selain itu juga diharapkan bisa sinegis dengan upaya pemerintah untuk membantu promosi produk industri kecil menengah di Jakarta Barat.

Apalagi saat ini pemerintah Jakarta Barat sedang menggiatkan pembuatan produksi khas dan unggulan di setiap kecamatan. Menurut Burhanuddin tiap wilayah kecamatan di Jakarta Barat sebenarnya sudah ada sejumlah industri kecil menengah yang berpotensi dan bisa menjadi produk unggulan.

Seperti Kecamatan Kembangan dengan potensi produksi makanan khas Jakarta berupa dodol Betawi. Kecamatan Cengkareng dengan potensi ikan hias dan makanan ringan seperti keripik, Kebunjeruk dengan usaha bunga hias dan pakaian serta pencucian jeans, serta Tamansari dengan produksi pakaian.

AGUNG SEDAYU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontak